Mengenal Perbedaan Defibrillator Dan AED

Defibrillator merupakan sebuah alat medis yang tergolong dalam jenis alat elektromedik. Tentu saja alat ini bekerja dengan menggunakan prinsip elektronik. Fungsi alat ini berfungsi sebagai stimulator detak jantung manusia saat dalam kondisi kritis dimana jantung tidak berfungsi dengan benar atau berhenti berdetak. Seperti pada orang yang tenggelam, serangan jantung, atau dalam kondisi sejenis dimana detak jantung terganggu sehingga tidak bisa memompa darah.

Terdapat dua jenis defibrillator yang banyak kita temukan di berbagai tempat yaitu Defibrillator manual dan Defibrillator Otomatis. Kedua jenis defibrillator tersebut memiliki fungsi yang sama, hanya saja berbeda pada spesifikasi penggunaan dan lokasi penggunaannya. Mari kita berkenalan dengan dua jenis defibrillator ini.

  1. Defibrillator Manual

Jenis pertama adalah defibrillator manual. Disebut dengan istilah manual karena penggunaanya bersifat manual, walaupun dalam kenyataanya jenis defibrillator tersebut bisa berfungsi secara otomatis. Jenis deribrillator ini juga disebut dengan defibrillator Monitor, karena kebanyakan dilengkapi dengan layar monitor yang berfungsi untuk memonitor EKG.

  1. Defibrillator Otomatis

aed

Jenis kedua adalah defibrillator otomatis. Sesuai dengan namanya, alat ini bekerja secara otomatis dalam hal pengaturan energi yang akan di salurkan kepada pasien. Defibrillatoar otomatis juga disebut dengan defibrillator portable karena berfungsi untuk mobile baik di ambulance dan juga di unit – unit emergency lainnya.

Kedua jenis defibrillator ini tentu saja memiliki harga yang berbeda dan jelas defibrillatot otomatis lebih murah dari defibrillator jenis manual. Bagi anda yang membutuhkan informasi mengenai hal ini, anda bisa kunjungi distributor alat kesehatan yang jual defibrillator lengkap baik online maupun offline.

Kesimpulan yang bisa kita dapatkan dari dua jenis defibrillator tersebut adalah sebagai berikut.

Perbedaan Defibrillator Otomatis dan Manual

Defibrillator Manual

  • Seting energi manual
  • Bisa juga diseting sebagai defibrillator otomatis
  • Terdapat layar monitor dan perinter

Defibrillator Otomatis

  • Seting energi otomatis
  • Hanya berfungsi secara otomatis saja
  • Umumnya tidak terdapat layar minitor dan printer

Mungkin ini saja yang bisa saya bagikan kepada anda pada kesempatan ini. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *