Fakta Tentang Perbedaan Harga Cincin Emas Kuning Dan Emas Putih ?

Cincin emas putih

Dalam pasar jual beli perhiasan, tentu harga jual dan harga beli antar perhiasan memiliki perbedaan satu sama lain. Bisa jadi terdapat perhiasan yang punya harga lebih mahal dibandingkan perhiasan lainnya. Semua itu sangat bergantung pada kandungan bahan baku pembuatan dalam suatu perhiasan. Misalnya saja perhiasan seperti cincin emas putih dengan emas kuning. Dengan jumlah gram yang sama, mana yang memiliki harga jual lebih tinggi?

Jika anda adalah pengamat dunia perhiasan tentu anda sudah tau bahwa harga cincin emas putih pasti akan jauh lebih tinggi dibandingkan harga emas kuning. Mengapa demikian? Padahal keduanya juga sama – sama berasal dari bahan campuran logam emas dengan logam lainnya. Jawabannya tentu saja karena bahan pencampur antara keduanya jelas berasal dari bahan yang berbeda secara nilai jual.

Biasanya cincin kawin emas putih dibuat dengan menambahkan logam – logam putih seperti alloy logam perak dan palladium sebagai pencampur logam emas murni. Sedangkan cincin emas kuning bisanya menggunakan logam – logam dengan warna dasar kuning seperti logam seng atau Zink (Zn) dan juga logam tembaga sebagai bahan pencampur emas murninya. Di pasaran harga jual logam putih seperti perak dan palladium jelas lebih bernilai jual tinggi dibandingkan logam kuning seperti tembaga dan Zink tersebut. Inilah alasan pertama mengapa harga jual cincin emas putih lebih mahal dibandingkan emas kuning meskipun secara kasat mata emas kuning hampir menyerupai emas murni yang juga memiliki warna dasar kuning keemasan.

Selain itu bahan pelapis yakni Rh atau Rodium yang biasa digunakan dalam membuat cincin emas putih agar nampak terlihat layaknya cincin premium berbahan platinum juga memiliki harga yang cukup mahal. Bahkan Rodium sendiri dikenal merupakan logam yang harganya jauh lebih mahal dibandingkan perak sekalipun. Karenanya dalam pembuatan cincin emas putih Rodium biasanya sekedar dijadikan bahan pelapis dan bukannya bahan pencampur emas. Tak heran jika harga cincin emas putih lebih mahal dibanding emas kuning.

Namun hal diatas berlaku  jika kadar emas keduanya sama, hal yang sering dilupakan orang adalah semakin tinggi kadar emas maka semakin kuning sehingga kadar optimal emas putih adalah 50%  kebawah agar warna putihnya awet. Sedangkang kadar optimal emas kuning adalah 75% . Sehingga tidak jarang bahwa emas kuning jauh lebih mahal daripada emas putih karena kadar emasnya berbeda

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *